Di era globalisasi ini, para pemuda sebagai bagian terpenting masyarakat memiliki tugas besar dalam mengembangkan peradaban masyarakat yang maju dan produktif.

Kaum muda juga berkewajiban memberikan gagasan-gagasan dan aksi-aski positif dan nyata guna mendorong terwujudnya masyarakat getol menciptakan perubahan sosial namun punya wawasan global. Di tengah konstelasi dunia yang kian tak menentu ini, sudah pasti yang dibutuhkan adalah peranan pemuda yang punya gagasan dan aksi nyata untuk perubahan sosial namun juga memiliki mental dan daya saing bertingkat dunia.

Berangkat dari sedikit latar belakang itulah, beberapa anak muda yang memiliki kesamaan visi serta misi, berkumpul untuk bersinerigi dan beraksi. Kelompok pemuda ini membentuk Indonesia Youth Forum yang menginisasi berbagai kegiatan berbasis pendidikan dan riset untuk pemuda. IYF ingin menjadikan generasi muda Indonesia menjadi tauladan kepada khalayak umum di Indonesia.

IYF mulai berdiri mulai tahun 2008 di Jakarta dan bergerak dalam penyelenggaraan pelatihan, seminar, forum diskusi dan juga riset di dalam tema pendidikan, kepemudaan dan kepemimpinan pemuda.

Kehadiran IYF adalah untuk menjawab banyak permintaan dan pertanyaan terkait dengan pendidikan dan peneltian, tentang pengembangan peran dan kepemimpinan pemuda dalam menuju pembentukan masyarakat berpendidikan yang memiliki gagasan dan aksi nyata lokal dan nasional namun berbasis wawasan dan mental global.