IYF.or.id – Jepang menjadi salah satu destinasi studi pilihan pelajar Indonesia salah satu alasannya karena banyak beasiswa yang ditawarkan untuk studi di Jepang, baik dari pemerintah Jepang sendiri maupun lembaga/perusahaan swasta di sana.

Salah satunya, Ritsumeikan Asia Pacific University (APU) menawarkan beasiswa program S2 dan S3 bagi mahasiswa internasional, termasuk Indonesia.

Beasiswa didanai baik oleh Pemerintah Jepang sendiri melalui MEXT (Ministry of Education, Culture, Sports, Science and Technology) maupun lembaga swasta lain.

APU sendiri terletak di barat daya Jepang di kota Beppu dan dikenal dengan lingkungan belajar multikultural yang sangat kuat.

Melalui laman resminya, APU menyampaikan rasio mahasiswa Jepang atau domestik hampir satu banding satu dibanding mahasiswa internasional yang berasal dari 80 negara.

Adapun cakupan beasiswanya meliputi:

  1. Beasiswa penuh untuk uang kuliah.
  2. Tunjangan biaya hidup bulanan
  3. Tiket penerbangan pergi/pulang

Adapun syarat umum yang harus kalian penuhi jika tertarik dengan beasiswa ini antara lain:

  1. Bukan warga negara Jepang
  2. Kelahiran tanggal 2 April 1985 dan sesudahnya
  3. Memenuhi ketentuan/syarat akademis sesuai program studi dipilih
  4. Tidak sedang menerima beasiswa dari lembaga/pemerintah lain

Terkait alur pendaftaran sebagai berikut:

  1. Untuk memperoleh beasiswa ini pelamar tidak perlu mendaftar tersendiri. Setiap pendaftar program pascasarjana di APU akan dipertimbangkan untuk mendapatkan beasiswa ini.
  2. Bagi pelamar yang dianggap memenuhi persyaratan, pihak APU akan mengusulkan beasiswa bagi yang bersangkutan ke MEXT.
  3. Untuk mendaftar ke program studi di APU, dapat mengakses ke Laman Pendaftaran (bagi yang belum memiliki akun, bisa membuat akun baru terlebih dahulu di sini).
  4. Tidak menutup kemungkinan pada saat mendaftar ke APU akan dikenakan biaya pendaftaran yang tidak bisa dikembalikan.

Batas akhir pendaftaran masih terbuka hingga 19 November 2019. Informasi lebih detail dan aplikasi pendaftaran dapat dilihat melalui laman resmi beasiswa APU: https://admissions.apu.ac.jp/costs_scholarships/after_admission_cost/

sumber: www.kompas.com