Iyf.or.id – Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) menawarkan Japan Scholarship Program (JSP). Program beasiswa ini diberikan kepada 150 mahasiswa pascasarjana (S2) untuk studi selama satu tahun di Jepang.

ABD menawarkan beberapa program studi pilihan, yaitu ekonomi, manajemen, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta berbagai bidang terkait pembangunan lain, di sejumlah lembaga akademik yang ikut berpartisipasi.

JSP merupakan beasiswa biaya kuliah penuh, termasuk tunjangan bulanan, perumahan, buku dan bahan pengajaran, asuransi kesehatan, dan perjalanan. Bagi para sarjana yang terlibat dalam penelitian, tersedia bantuan khusus untuk persiapan tesis. Dalam kondisi tertentu, beasiswa itu juga mencakup kursus komputer, persiapan bahasa, dan kursus serupa lainnya.

Program beasiswa ini terbuka untuk mereka yang telah diterima dalam program MA atau PhD di universitas tertentu yang sudah diseleksi.

Prodi pilihan 1. Administrasi Bisnis 2. Ekonomi 3. Geografi 4. Hukum 5. Sumber Daya Alam dan Manajemen Lingkungan 6. Rekayasa Kelautan dan Sumber Daya 7. Oseanografi 8. Studi Kepulauan Pasifik 9. Administrasi Publik 10. Sosiologi 11. Ilmu Tanaman Tropis dan Tanah 12. Perencanaan Kota dan Wilayah.

Adapun syarat-syarat yang ditentukan bagi calon peserta, yaitu:

  1. Calon peserta berusia maksimal 35 tahun.
  2. Memiliki kondisi kesehatan yang baik.
  3. Memiliki gelar sarjana atau yang setara.
  4. Memiliki catatan akademik yang baik.
  5. Memiliki pengalaman kerja profesional paling tidak dua tahun setelah lulus sarjana pada saat melamar.
  6. Memiliki sertifikat bahasa dengan ketentuan 550 untuk TOEFL PBT, 213 untuk TOEFL CBT, dan 79-80 untuk TOEFL iBT berbasis internet, dan 6,5 untuk IELTS. Hasil tes tersebut keluar dalam dua tahun terakhir.
  7. Setelah menyelesaikan studi di Jepang, penerima beasiswa diharapkan kembali ke negara asal untuk berkontribusi pada pembangunan ekonomi dan sosial di negara masing-masing.

Pendaftaran program Japan Scholarship Program terbuka sampai 1 Desember 2019. Ada beberapa informasi lain perlu diketahui calon peserta, yaitu proses dan prosedur pendaftaran, negara asal mahasiswa yang bisa mengikuti beasiswa, universitas yang berpartisipasi, syarat pendaftaran, dan lain-lain.

Untuk mendapatkan keterangan lengkap tersebut calon peserta bisa mengetahui langsung melalui https://www.adb.org/site/careers/japan-scholarship-program/main.

Sumber: www.kompas.com