Pemerintah Irlandia melalui Kementerian Pendidikan menyediakan program beasiswa pascasarjana bagi kamu yang ingin menjalani kuliah dan melakukan riset di Irlandia.

Beasiswa ini tersedia untuk 1.193 mahasiswa jenjang S2 dan S3 pada tahun 2018. Nantinya secara keseluruhan akan diberikan kepada lebih dari 5.000 individu dalam program penelitian yang sama.

Ini merupakan program beasiswa favorit dan kompetitif dari Pemerintah Irlandia karena menawarkan berbagai keuntungan, yaitu pembiayaan riset, penghargaan untuk riset, proses seleksi yang obyektif, dan kesempatan untuk mahasiswa semua jurusan atau disiplin ilmu bisa ikut mendaftar.

Adapun cakupan beasiswa seperti:

  1. Tunjangan sebesar 16.000 euro per tahun.
  2. Biaya tambahan, termasuk biaya non-UE, maksimal hingga 5.750 euro per tahun.
  3. Biaya penelitian bagi peserta yang memenuhi syarat sebesar 2.250 euro per tahun.

Sedangkan terkait syarat dan ketentuan harus benar-benar diperhatikan untuk memastikan apakah mereka bisa memenuhi syarat tersebut atau tidak. Beberapa syarat yang ditentukan antara lain berikut ini:

  1. Calon peserta memiliki gelar sarjana dengan klasifikasi first-class atau upper second-class honor atau yang setara di negara asalnya.
  2. Calon peserta yang masih menunggu proses ijazahnya boleh mengumpulkan surat hasil belajar sementara (SKL) dengan syarat mendapat klasifikasi first-class atau upper second-class honor atau yang setara di negara asalnya.
  3. Calon peserta yang tidak mendapat klasifikasi first-class atau upper second-class honor saat S1 masih boleh mendaftar program S3 dengan syarat sudah memiliki gelar S2.
  4. Calon peserta yang sebelumnya sudah pernah mendaftar beasiswa Pemerintah Irlandia sebanyak dua kali tetapi gagal, tidak diperbolehkan untuk mendaftar lagi.
  5. Calon peserta yang melamar program S2 dan sudah mendapatkan beasiswa dari pihak lain tidak diperbolehkan mendaftar.
  6. Calon peserta yang melamar program S3 dan sudah mendapatkan beasiswa dari pihak lain tidak diperbolehkan mendaftar, kecuali beasiswa yang diberikan murni untuk keperluan riset.

Adapun prosedur pendaftaran bagi calon peserta sebagai berikut:

  1. Menyiapkan dokumen yang dibutuhkan, seperti curriculum vitae (CV), surat rekomendasi, dan transkip nilai.
  2. Jika syarat dokumen sudah dipenuhi, calon peserta melakukan pendaftaran secara online dengan login terlebih dahulu pada link yang tersedia. Setelah itu calon peserta akan diminta untuk mengisi data diri dan mengikuti proses selanjutnya.
  3. Apabila proses pendaftaran telah selesai, calon peserta menunggu surat referensi yang akan dikirim oleh supervisor.

Tahap pendaftaran sebagai berikut:

  1. Pembukaan pendaftaran: 5 September 2019
  2. Batas waktu tanya jawab: 24 Oktober 2019
  3. Batas waktu pendaftaran: 31 Oktober 2019 pukul 16.00 waktu Irlandia
  4. Batas waktu pengiriman surat referensi dari supervisor 7 November 2019 pukul 16.00 waktu Irlandia
  5. Batas waktu pengesahan dari kantor riset: 14 November 2019 pukul 16.00 waktu Irlandia
  6. Pengumuman hasil: akhir Maret 2020
  7. Mulai kuliah: 1 September 2020

Hal yang harus perhatikan yaitu bahwa waktu yang ditentukan itu bersifat indikatif dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Calon peserta beasiswa bisa mengirimkan pertanyaan ke kantor penelitian tentang dokumentasi yang dibutuhkan untuk mendapatkan informasi lebih lengkap. Kantor penelitian juga dapat mengirim pertanyaan apa pun kepada calon peserta terkait dokumen yang tidak dapat mereka klarifikasi melalui e-mail postgrad@research.ie. Bagi calon peserta yang berminat mengikuti program beasiswa di Irlandia ini, silakan mengetahui informasi dan keterangan lengkapnya di http://research.ie.

Sumber: www.kompas.com