Iyf.or.id – Sistem ujian dengan cara manual kini mulai ditinggalkan. Di Kabupaten Garut, Jabar, ada sekolah yang melaksanakan ujian berbasis ponsel pintar.

Sekolah tersebut adalah SMKN 1 Garut yang terletak di Jalan Cimanuk, Kecamatan Tarogong Kidul. Untuk pertama kalinya, para pelajar SMKN 1 mengerjakan ulangan tengah semester (UTS) menggunakan handphone.

Pelaksanaanya terlihat sangat sederhana. Setiap pelajar memegang handphone masing-masing yang telah terhubung ke server otomatis dan akan langsung menampilkan soal yang berisi pilihan ganda bagi para peserta ujian.

“Ini agar ujian semakin efektif, efisien dan simpel,” ujar Kepala SMKN 1 Garut Dadang Johar Arifin kepada wartawan, Rabu (06/03/2019).

Ujian berbasis ponsel pintar ini menjadi yang pertama di Garut. Meskipun menggunakan handphone, para pelajar tidak bisa mengakses situs lain selain soal yang diberikan sekolah.

Pihak sekolah telah memastikan ketersediaan perangkat yang akan digunakan para pelajar. Setiap pelajar diharuskan membawa handphone. Sekolah juga memperbanyak spot charger untuk mengantisipasi perangkat milik pelajar mati.

“Jadi kami pihak sekolah sudah sangat siap untuk melaksanakan ujian berbasis smartphone,” katanya.

Hari ini, pelajar melaksanakan ujian Matematika. Untuk penunjang, sekolah menyiapkan kertas untuk hitungan. Ujian berbasis ponsel pintar ini direspons positif oleh para pelajar.

“Lebih praktis dan cepat. Jadi ngisi soalnya cepat karena gak ditulis manual,” ujar Sandra Oktaviani (16) kepada wartawan di lokasi yang sama.

Sumber: www.detik.com